Khasiat Minuman Jahe Saat Musim Hujan - Khasiat minuman jahe sudah terkenal turun temurun. Orang tua zaman dahulu selalu menyuguhkan wedang jahe hangat saat musim hujan tiba. Wedang jahe bukan minuman yang baru dikenal masyarakat Indonesia. Rasanya yang khas serta aromanya yang menenangkan membuat hari-hari anda saat musim hujan kembali ceria. Hentikan mengkonsumsi kopi saat musim hujan sebab minum kopi hingga bercangkir-cangkir justru malah memperburuk kondisi kesehatan. Wedang jahe adalah minuman yang menyehatkan sehingga anda tak perlu khawatir akan efek samping yang ada.


Berikut adalah beberapa khasiat minuman jahe yang perlu anda ketahui:

Menenangkan pikiran: Bila suasana hati anda sedang buruk saat ini, pastikan anda bisa mengkonsumsi minuman jahe hangat. Air hangat yang dicampur dengan jahe dan sedikit gula mampu menenangkan kegelisahan dan kecemasan sehingga anda terhindar dari pikiran yang negatif.
Membantu penyerapan makanan: Proses pencernaan makanan di dalam tubuh bisa berlangsung dengan baik berkat minuman jahe. Minuman hangat ini kaya akan enzim lipase dan protease yang berfungsi memecah lemak dan protein sehingga tubuh bisa menyerap sari-sari makanan lebih cepat.

Mencegah stroke: Stroke adalah salah satu penyakit yang banyak dihindari masyarakat karena bisa mengancam jiwa. Anda bisa mencegah stroke dengan berbagai cara mulai dari berhenti merokok, berolahraga dan menjaga pola makan. Tak ada salahnya bila anda mengganti minuman tak sehat seperti soda, kopi dan alcohol dengan minuman jahe. Timbunan lemak jahat yang menyumbat arteri bisa dihilangkan sedikit demi sedikit dengan bantuan jahe.

Menunrkan asam lambung: Khasiat minuman jahe selanjutnya berhubungan dengan produksi asam lambung dalam tubuh. Saat asam lambung meningkat, perut bisa terasa panas dan perih. Tentu anda tidak akan merasa nyaman karena luka pada lambung. Untuk menghambat produksi asam lambung yang berlebihan, anda bisa mengkonsumsi secangkir minuman jahe hangat karena kandungan methanol dan asetonnya bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Meringankan alergi dan iritasi: Bila daya tahan tubuh sedang menurun, anda perlu waspada akan munculnya flu, pilek, batuk, alergi dan iritasi. Anda bisa mencegah gangguan kesehatan tersebut dengan mengkonsumsi minuman jahe secara teratur saat musim hujan. Minuman ini juga efektif meringankan gejala hidung tersumbat, bersin-bersin dan masalah pada sistem pernafasan.

Melancarkan sirkulasi darah: Tubuh yang terasa dingin karena hujan yang turun tiada henti. Keringat yang berlebihan, demam hingga pusing bisa anda hindari dengan mengandalkan khasiat minuman jahe. Antioksidan dalam jahe bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

0 comments:

Post a Comment

 
Top