Masalah Payudara Saat Menyusui - Masalah payudara sering terjadi setelah seorang wanita mengalami proses persalinan. Menyusui tentu merupakan keharusan yang perlu anda lakukan demi memenuhi kebutuhan gizi si kecil yang besar saja lahir. Apa jadinya bila payudara anda bengkak, terbenam ataupun lecet? Jangan sampai masalah seperti itu menggangu proses menyusui sebab ASI sampai saat ini masih dianggap sebagai makanan yang paling sehat untuk bayi yang baru lahir. Tentu anda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta bukan?


Berikut adalah beberapa tips bagi ibu menyusui yang ingin mengatasi masalah payudara:

Puting Datar atau Terbenam. Puting yang terbenam ataupun datar merupakan masalah payudara saat anda harus menyusui buah hati. Bayi pun akan kesulitan untuk menghisap ASI dari ibunya. Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan memposisikan tubuh sehingga puting tidak terlalu tenggelam. Misalnya anda bisa menidurkan bayi di kasur dan anda memberikan puting lewat atas sehingga puting bisa sedikit tertarik keluar. Bila cara ini belum berhasil anda bisa membeli alat bantu untuk mengeluarkan puting yang terbenam. Biasanya alat tersebut dijual bebas di apotek. Pastikan anda membaca cara penggunaan alat tersebut dengan seksama.

Payudara Bengkak. Payudara yang bengkak perlu segera diobati sehingga produksi ASI tidak berkurang dan payudara tidak mengalami peradangan yang lebih parah. Pembengkakan pada payudara ini bisa dipicu oleh pengosongan payudara yang tak maksimal, bayi terlambat menyusu dan juga pelekatan bayi dalam posisi tubuh yang tak tepat. Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Biarkan saja si bayi mungil menyusu sesukanya sehingga pengosongan payudara bisa terjadi dengan optimal. Bila bayi sudah tak mau menyusu karena kenyang, ibu dapat memerah susu dengan alat tertentu dan menyimpannya dengan benar. Pada awalnya pembengkakan payudara tersebut memang membuat anda tak nyaman saat menyusui. Namun bisa sembuh sendiri dengan penanganan yang tepat.

Puting Lecet. Puting lecet bisa terjadi akibat bayi menggigit puting dengan cukup keras. Banyak ibu merasakan sakit dan nyeri karena masalah payudara ini. Sebelum mengobatinya anda perlu tahu lecet pada payudara tersebut pada memang benar-benar dipicu oleh gigitan atau karena infeksi dan peradangan. Bila karena infeksi maka ibu memerlukan obat-obatan tertentu. Alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Bila puting disebabkan oleh gigitan dan terjadi retak-retak ataupun kering, hindari menggosoknya dengan sabun saat mandi. Gunakan kain lembut untuk menggosok puting. Pastikan bayi bisa menyusu dengan benar. Jangan hanya menempelkan ujung puting pada mulut bayi. Bagian areola pun perlu masuk ke dalam mulut bayi sehingga tidak timbul lecet pada puting.

0 comments:

Post a Comment

 
Top