Jenis Pemeriksaan pada Payudara - Agar terhindar dari serangan beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan payudara, kaum wanita harus rajin melakukan pemeriksaan pada bagian tubuhnya ini. Teknik pemeriksaan untuk payudara ini ada beberapa jenis.


Menurut kumpulan info beberapa jenis pemeriksaan itu antara lain yaitu Mammografi yang bisa dilakukan memakai sinar X radiasi rendah. Tujuannya adalah agar bisa mendapat gambaran pada sekitar area tersebut. Sehingga ketika ditemukan pengapuran lembut yang nanti bisa jadi kanker, bisa langsung dilakukan penanganan lebih lanjut.

Teknik lainnya yaitu memakai USG atau ultrasonografi. Metode dari teknik ini gelombang suara dijadikan sebagai media pendektesian pada payudara, terutama untuk wanita yang usianya masih di bawah 30 tahun dan wanita hamil atau sedang menyusui sebab tidak bisa diperiksa dengan alat mammografi. Selain itu teknik ini juga bisa dilakukan pada wanita yang sedang memakai breast implant.

Berikutnya adalah MRI atau Magnetic Resonance Imaging. Sesuai dengan namanya alat ini juga menggunakan magnet yang kuat serta gelombang radio untuk mengecek apabila ada benjolan di payudara. Meski ada benjolan yang tidak terasa, alat ini mampu mendeteksi keberadaannya. Jadi hasilnya lebih akurat dan meyakinkan. Tapi sayangnya biaya yang harus dikeluarkan juga lebih mahal.

Sedangkan PET Scan adalah suatu teknik yang memakai zat radiofarmaka dengan tujuan untuk mendapatkan gambar tiga dimensi dan berwarna. Dari gambar ini jika teradi perubahan sel serta penyebaran kanker bisa dideteksi lebih dini. Selain itu pemeriksaan dini alat ini juga bisa dipakai untuk mengetahui keberhasilan sistem pengobatan atau terapi. Tidak berbeda dengan MRI, dana untuk pemeriksaan sistem ini juga sangat tinggi.

Selain itu masih ada lagi yang namanya Biopsi yaitu suatu sistem pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengambil contoh jaringan pada benjolan yang diduga sebagai kanker. Selanjutnya contoh ini diperiksa menggunakan mikroskop, sehingga bisa diketahui apakah benjolan tersebut mengandung kanker atau tidak. Jika hasilnya positif maka bisa segera dilakukan pemeriksaan lebih intensif atau dioperasi.

Jenis pemeriksaan terakhir adalah dinamakan dengan SADARI yang merupakan singkatan dari Pemeriksaan Payudara Sendiri. Hal ini bisa dilakukan setiap hari atau tiap ada kesempatan. Cara yang dilakukan sangat sederhana sekali yaitu meraba pada bagian payudara menggunakan teknik tertentu. Jika merasa ada sesuatu yang mencurigakan atau hasil rabaan tersebut terasa tidak wajar maka segera saja melakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit memakai jenis-jenis teknik telah disebutkan di atas.

0 comments:

Post a Comment

 
Top