Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan - Tumbuhan ini disebut juga sosor bebek. Sebenarnya tanaman ini tergolong tanaman hias. Akan tetapi tanaman ini juga berguna untuk kesehatan. Bagian yang bermanfaat dari tanaman ini adalah daunnya. Daun ini bermanfaat sebagai obat mencret, disentri, bengkak, bekas gigitan nyamuk dan lain-lain.



Obat Mencret
Beberapa helai daun dadap serep ditumbuk dengan beberapa lembar daun sosor bebek. Beri sedikit air. Kemudian balurkan ramuan tersebut pada perut.

Obat Bengkak, Memar atau Bisul
Hancurkan 30-60 gram daun sosor bebek kemudian peras. Tambahkan madu dan diminum. Sisa daun ditempelkan pada bagian yang sakit.

Obat Luka
Daun sosor bebek secukupnya diparut atau ditumbuk. Tambahkan sedikit air dan balurkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Ganti setiap tiga jam sekali.

Cara mengembangbiakkan cocor bebek adalah dengan daunnya yang cukup tua. Petiklah sehelai daunnya kemudian letakkan diatas pot bunga yang sudah di isi tanah yang agak basah biarkan selama seminggu. Pada lekuk daunnya akan tumbuh tunas-tunas baru.

0 comments:

Post a Comment

 
Top