4 Gejala Penyakit Usus Buntu Yang Berbahaya - Gejala penyakit usus buntu sangat beragam. Banyak orang salah mengartikan gejala usus buntu dengan penyakit maag ataupun mual. Usus buntu terletak di bagian kanan bawah perut yang berbentuk seperti kantong. Hingga saat ini para ahli belum bisa menyebutkan kegunaan dari usus buntu itu sendiri. Ujung dari usus ini buntu sehingga sisa makanan, kotoran ataupun bakteri mudah sekali terjebak di dalamnya. Akibatnya usus buntu bisa mengalami peradangan dan infeksi. Bila sudah parah, maka dokter harus melakukan operasi untuk memotong usus buntu tersebut. Ada dua tipe penyakit usus buntu. Mereka yang mengalami sakit pada bagian kanan bawah perut memiliki usus buntu tipe akut. Biasanya perut akan terasa seperti ditusuk-tusuk dan anda akan kesakitan saat bergerak. Sedangkan usus buntu tipe kronis ditandai dengan gangguan buang air serta gejala penyakit maag yang tak kunjung sembuh.



Berikut adalah beberapa gejala penyakit usus buntu yang perlu anda ketahui :

Nyeri hebat pada perut. Gejala penyakit usus buntu pada awalnya ditandai dengan nyeri pada perut. Banyak orang salah mengartikan gejala tersebut dengan sakit maag. Orang-orang berpikir nyeri perut identik dengan sakit maag. Padahal bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala usus buntu yang menyebar pada nyeri ulu hati. Namun seiring berjalannya waktu, peradangan pada usus buntu semakin menyebar sehingga bagian bawah kanan perut jadi sakit dan nyeri sehingga anda mulai berpikir mengenai penyakit usus buntu.

Demam. Pada tahap awal, gejala penyakit usus buntu hanya ditandai dengan sakit pada perut. Bila sudah parah, si penderita juga akan mengalami demam hebat. Deman tersebut menandakan bahwa infeksi pada usus sudah menyebar dan perlu segera ditangani lebih lanjut.

Mual dan muntah. Sakit pada perut ini bisa menyebabkan sistem percernaan makanan di dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan lancar. Si penderita juga kerap merasakan mual dan muntah karena gangguan pada aliran makanan dalam tubuh. Bila anda mengalami mual dan muntah yang hebat, segera periksakan diri ke dokter karena anda pastinya akan merasa sangat lemah.

Perut terasa tegang. Lama-kelamaan gejala penyakit usus buntu ini akan membuat perut anda tegang. Untuk mengetahui apakah penyakit yang diderita ini usus buntu atau tidak anda bisa meraba bagian kanan bawah perut pelan-pelan. Rasakan apakah perut keras dan menegang. Anda harus segera berobat. Bila tak segera ditangani bisa jadi akan terdapat kebocoran pada usus buntu yang bisa berujung pada kematian.

2 comments:

 
Top