[imagetag]

Siang hari selepas makan siang, godaan untukmenyandarkan kepala begitu kuat. Kelopak mata tiba-tiba terasa berat dantiba-tiba layar komputer tak lagi memikat. Sebaiknya jangan melawan rayuantidur siang ini, sebab beristirahat barang sejenak memiliki banyak manfaat bagikesehatan.

"Saat tertidur, ada banyak hal yangterjadi pada otak. Otak kanan menunjukkan aktivitas yang jauh lebih tinggi. Halitu aneh karena sebagian besar orang menggunakan tangan kanan yang didominasiotak kiri. Tapi selama istirahat, otak kanan lah yang paling aktif," kataAndrei Medvedev, asisten profesor di Center for Functional and MolecularImaging Georgetown University

Medevdev menjelaskan bahwa saat tidur siang,otak mengerjakan beberapa tugas mental seperti pengorganisasian dan pengolahaninformasi. Selain itu, ia juga menjelaskan beberapa manfaat unik lainnyaseperti dilansir Fox News, yaitu:

1. Meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwatidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatanini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimanabiasa terjadi saat tidur siang.

Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidurjuga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilahbaru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

2. Meningkatkan produktivitas

Tidur siang dapat melindungi otak daripengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantumengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari. Hal ini pada akhirnya akanmeningkatkan konsentrasi dan produktifitas di tempat kerja. Bahkan penelitiansebelumnya menemukan tidur siang dapat menurunkan tekanan darah.

3. Mengobati insomnia

Penelitian telah menemukan bahwa orang yangtidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkanketika malam hari sebelumnya kurang tidur.

Efeknya memang bisa bervariasi pada setiapindividu, namun sebuah penelitian tahun 2011 menegaskan tidur siang membuatpenderita insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya jadi lebihpanjang.

4. Menurunkan stres

Ingin memotong hormon stres kortisol sebanyakseparuh? Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalamipenurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitunyenyak.

Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwaketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadarkortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namunketika berhasil tidur siang barang sebentar, kadar kortisol berkurangseparuhnya.

5. Mencegah penyakit jantung

Tidur siang yang pendek selama 20-40 menitbisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.Kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti Yunani.

Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknyatidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risikopenyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Menurut penelitian ini, tidur siangyang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45menit. Jika berlebih, justru menyebabkan terbangun dengan "kepala berat".

Sumber

#ad2fcb

0 comments:

Post a Comment

 
Top