Salah satu masalah yang kerap dialami penumpang pesawat adalah membayar biaya bagasi yang terlampau mahal. Anda pun perlu trik untuk menyiasatinya.

Memilih maskapai, dan membaca peraturan bagasi maskapai menjadi trik yang bisa Anda ikuti. Namun tidak hanya itu, masih ada 5 trik lain yang tak kalah penting.

[imagetag]

Inilah 7 cara menghindari membayar mahal bagasi, seperti yang ditulis Smarter Traveler.

1. Pilih maskapai dengan bijak

Tidak semua maskapai domestik membebaskan biaya bagasi kepada penumpangnya. Untuk beberapa maskapai internasional, seperti Delta dan American Airlines, membebankan biaya bagasi untuk penumpangnya. Biasanya, biaya ini tergantung dari berat tas yang dibawa.

Untuk mengakalinya, Anda bisa memilih jenis maskapai yang akan ditumpangi. Pilihlah maskapai yang memberikan harga bagasi lebih murah. Jangan lupa juga untuk menghitung beban tas yang Anda bawa untuk mengira-ngira berapa biaya yang akan dikeluarkan.

2. Baca peraturan bagasi maskapai dengan teliti

Setelah memilih maskapai yang akan dinaiki, penting untuk Anda membaca dengan jelas peraturan tentang bagasi. Perhatikan berapa berat maksimal untuk seorang penumpang membawa bagasi. Jika berlebih, cari tahu berapa biaya yang dibebankan. Ini penting untuk Anda bisa mengira-ngira berapa biaya yang akan dikeluarkan.

3. Jadi penumpang khusus

Beberapa maskapai internasional memberikan peluang bagi turis untuk bisa jadi penumpang elit alias kelas atas. Dengan mendaftar jadi anggotanya, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa keringanan biaya bagasi. Tidak hanya itu, penumpang juga mendapatkan prioritas untuk memilih tempat duduk. Asyik kan?

4. Simpan barang dalam tas jinjing

Cara ketiga untuk mengakali membayar biaya bagasi mahal adalah dengan mengepak beberapa barang dalam tas jinjing. Ya, tas jinjing adalah solusi paling tepat untuk mengakali bayar bagasi berlebih. Simpanlah beberapa barang ringan yang mungkin di dalamnya.

Selain itu, jika mengenakan rompi, Anda juga bisa menyimpan beberapa barang di saku rompi. Simpanlah kacamata, kamera, paspor, ponsel, atau music player di sana.

5. Cari tahu berapa berat maksimal tas

Selain dari barang yang dibawa, berat tas juga berperan dalam penentuan besar biaya bagasi. Untuk itu, ada baiknya Anda memilih memilih koper atau tas yang berbahan ringan. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi sedikit berat bagasi, yang berujung pada biaya.

6. Dapatkan kartu kredit maskapai

Beberapa maskapai bekerja sama dengan sejumlah bank dalam pembayaran. Ini bisa Anda manfaatkan karena biasanya maskapai akan memberikan bebas biaya bagasi untuk penumpang yang menggunakan kartu kredit. Beberapa di antara kartu kredit itu adalah Gold Delta Skymiles, Citi Platinum Select/AAdvantage Visa Signature, and United Mileageplus Explorer Card.

Tambahan :

1. Kirim barang bawaan Anda

Mengirim barang tentu sangat membantu Anda dalam menghemat biaya bagasi. Anda pun tidak perlu repot-repot takut akan kehilangan bagasi. Salah satu cara murah mengirim bagasi adalah dengan kapal laut. Memang jangka waktu pengiriman cukup lama, namun setidaknya bisa menekan biaya bagasi Anda.

Sumber

#ad2fcb

0 comments:

Post a Comment

 
Top