[INTRO]
Don’t judge a battery from its cover (and holograms)
Ya, jangan menilai keaslian sebuat baterai Blackberry dari kemasan atau hologram nya! Teknologi kemasan dan hologram saat ini sudah cukup maju dan terjangkau oleh semua orang, sehingga bukan lah sebuah hal yang sulit untuk meniru kemasan original. Bisa jadi sebuah baterai yang palsu dikemas sedemikian rupa meyakinkan, namun tetap saja palsu. Dan bisa jadi pula baterai original asli dikemas dengan kemasan seadanya, namun tetap asli baterai di dalamnya. (Baterai asli banyak yang dikemas dengan kemasan sederhana untuk menekan biaya distribusi, sehingga harga jual tetap terjangkau di Indonesia)
Mari kita perhatikan baterai Blackberry C-S2 untuk Curve Gemini Keppler berikut ini :
Baterai tersebut adalah baterai palsu. Kemasan dikemas dengan kemasan standar yang meyakinkan. Hologram terdapat di badan baterai dan juga di kemasan luar. Plastik pembungkus baterai pun sangat menarik dan meyakinkan. Anda pun akan terbuai melihat penampilan baterai ini dan mulai mempercayai bahwa ini adalah baterai Blackbery original 100%. Anda akan merasakan bedanya saat telah menggunakan nya. Kinerja nya akan jauh dari baterai original sejati.
Jadi jangan menilai ke asli an sebuah baterai dari kemasan dan hologram nya. Perhatikan lebih teliti baterai di dalamnya. Anda ingin membeli baterai original, bukan kemasan cantik atau hologram original.

Ciri-ciri fisik

Masing-masing baterai Blackberry memiliki ciri fisik yang unik. Hal ini pada awal nya dibuat oleh RIM sebagai kode dan ciri untuk menyulitkan pemalsuan. Namun tentunya para pemalsu pun tidak lah bodoh. Mereka akan selalu berusaha untuk membuat produk mereka semirip mungkin dengan original. Perhatikan gambar berikut, mana yang menurut anda adalah baterai Blackberry C-S2 yang asli?
Spoilerfor baterai C-S2:
Perhatikan juga gambar berikut, mana yang menurut anda baterai Blackberry D-X1 yang original dari ke empat baterai tersebut?
Tentu tidak mudah untuk mengetahui mana baterai yang original jika anda belum mengetahui ciri-ciri fisik baterai original sejati. Apalagi jika anda sedang berhadapan langsung dengan penjual dan produknya, dimana akan sangat jarang anda bisa membandingkan produk yang akan anda beli.
Kualitas produksi
Baterai Blackberry original yang asli diproduksi oleh pabrik besar yang berlisensi resmi Research in Motion (RIM). Tidak mudah untuk mengantongi lisensi tersebut, tentunya telah melalui serangkaian uji dan test yang sangat ketat. Belum lagi Quality Control yang terbaik yang akan menyaring hanya baterai dengan kualitas tertinggi yang patut menyandang predikat baterai Blackberry original.
Dengan syarat yang demikian berat, maka cara kedua untuk membedakan baterai Blackberry original asli dengan yang palsu adalah melihat secara fisik untuk menilai built quality nya. Pabrik resmi adalah pabrik besar dengan modal sangat kuat, yang dengan sendirinya akan memiliki mesin-mesin terbaik dan bahan-bahan baku terbaik. Hal tersebut akan tercermin dalam produknya. Produk baterai Blackberry original yang asli akan memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi, yang dapat kita lihat dari penampilan luar dengan teliti. Hal yang hanya bisa dicapai menggunakan mesin terbaik dan bahan terbaik.
Sebaliknya, pabrik pemalsu biasanya memiliki modal yang tidak sebesar pabrik resmi. Mesin mereka cenderung kualitas rendah dan menggunakan bahan baku yang termurah juga untuk menekan biaya serendah-rendahnya. Jadi jika kita perhatikan secara detil dan teliti, akan tampak hasil dari mesin dan bahan baku yang murah.
Perhatikan pada gambar baterai Blackberry D-X1 berikut
Perhatikan logo R pada kedua baterai tersebut. Pada baterai original asli, secara kasat mata hanya tampak sebagai titik kecil, sementara logo R pada baterai aspal terlihat jelas. Namun ketika kita tingkatkan kedalaman zoom, akan tampak kualitas mesin cetak dan tinta yang digunakan. Hanya mesin yang cukup canggih dan mahal dengan bahan baku yang terbaik yang dapat memproduksi produk dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Jika produsen pemalsu ingin menyamai tingkat akurasi dan kualitas seperti itu, maka mereka harus merogoh kocek cukup dalam yang pada akhirnya tidak mencapai skala ekonomis dalam produksi produk palsu.
 

Reputasi penjual
Ciri unik produk telah anda teliti. Kualitas produk juga telah anda perhatikan seksama. Hal terakhir yang menjadi tambahan jaminan bahwa baterai Blackberry original yang anda beli adalah benar-benar asli adalah reputasi penjualnya. Hal ini memang kadang menjadi dilema untuk anda. Para penjual besar dan gerai yang sudah terkenal seringkali menjadi pilihan. Tapi mereka memasang bandrol harga baterai Blackberry original dengan harga yang membumbung tinggi. Hal ini wajar karena mereka harus membayar biaya gaji karyawan dan overhead untuk operasinya, ditambah dengan beban garansi yang cukup panjang yang harus mereka tanggung. Semua di bebankan ke harga produk yang akan anda beli.
Disisi lain, para penjual kecil dan menengah bisa menjadi alternatif pilihan. Mereka bisa memasang harga yang jauh lebih bersahabat untuk barang yang sama-sama asli. Biaya overhead mereka lebih kecil, sehingga bisa menyajikan produk yang sama dengan harga yang jauh lebih terjangkau.
Pastikan anda membeli dari penjual yang dapat dipercaya, yang memang mengerti benar apa yang dijualnya dan dapat memastikan bahwa anda memang membeli baterai Blackberry original yang asli yang sepadan dengan harganya.

0 comments:

Post a Comment

 
Top