[imagetag]



Perkawinan kucing akan diawali dengan proses pengenalan atau penjodohan. Anda bisa ikut berperan aktis dalam tahapan ini. Ikuti pentujuknya!

Langkah pertama, perhatikan tanda kucing birahi:

1. Perhatikan kucing betina, biasanya kucing betina yang siap dibuahi akan berisik dan gelisah, mengeong sepanjang hari. 2. Keinginan untuk kawin akan berlangsung sekitar 4-10 hari, kadang hanya 4-5 hari. Jadi jangan sampai masa ini terlewatkan karena untuk menunggu induk betina siap dibuahi lagi akan memerlukan waktu cukup lama sesuai siklus birahinya (1 bulan sekali atau 2-3 bulan sekali, juga ada yang hanya 6 bulan sekali). 3. Siklus birahi betina sulit untuk dipaksakan. Kalau pejantannya tidak masalah, siap kapan saja.

Langkah kedua, pengenalan:

1. Bila kucing baru pertama kali bertemu, kandangkan dulu pejantan sehingga dapat terlihat oleh betinannya dan biarkan betina mengeong memanggil pejantan. Prinsipnya kucing jantan dan betina didekatkan tetapi tidak dalam satu kandang. Proses ini sebagai pengenalan dan penentuan proses selanjutnya. Jika berjalan lancar maka membutuhkan waktu antara 1-2 hari. 2. Cara merayu kucing betina yaitu dengan berguling-guling untuk menarik perhatian kucing jantan dan memberi tahu kucing jantan bahwa dia siap kawin. 3. Pada waktu perkenalan, kucing betina bisa menolak tetapi setelah beberapa menit maka kucing jantan bisa maju lagi. 4. Pada waktu kawin, kucing betina akan mengangkat pantatnya. Kemudian kucing jantan akan naik ke punggung kucing betina dan menggigit leher kucing betina. 5. Sesudah proses kawin, kucing betina akan mengeong keras dan berguling-guling, bila didekati kucing jantan bisa menggigit. 6. Sesudah proses kawin, dalam dua atau tiga hari harus diulangi beberapa kali, untuk menjamin kucing betina bisa benar-benar hamil.



[imagetag]

Sumber

#ad2fcb

0 comments:

Post a Comment

 
Top