[imagetag]

Berbagai upaya mencari energi barudilakukan mengingat ancaman makin berkurangnya cadangan minyak bumi. Bila alammemerlukan jutaan tahun untuk mengubah benda organik kuno menjadi minyakmentah, maka para peneliti mencari cara agar proses itu menjadi instan.

Sebenarnya sudah banyak dikembangkan caramendapatkan biofuel atau bahan bakar biologis. Salah satu terobosan mungkindatang dari para insinyur kimia di Universitas Michigan. Karena mereka berhasilmengubah lumut jadi minyak mentah hanya dalam waktu 1 menit saja!

Dikutip dari VOA, Phil Savage, profesor yangmemimpin penelitian mengatakan lumut yang diuraikan tidak hanya menghasilkanminyak, tetapi juga gula dan protein yang dapat digunakan untuk energi bentuklain.

Reaksi waktu singkat yang dibutuhkan untukmenciptakan biocrude atau minyak mentah biologis, dan ke-efisienan prosestersebut dapat membantu memotong ukuran dan biaya reaktor lumut-ke-energi, danUniversitas Michigan berharap untuk menyuling dan mengkomersialkan teknologiitu.

Profesor Savage yakin biocrude lumut dapatmenjadi energi biofuel alternatif yang menarik yang diambil dari jagung danbiomassa lain. Ia mengatakan bahwa sekalipun mobil sedang bergerak ke arah tenaga alternatif seperti dinamo listrik dan cell hidrogen, mesin pesawatterbang akan membutuhkan bahan bakar cair untuk jangka waktu yang lama kedepan, dan biofuel lumut dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Sumber

#ad2fcb

0 comments:

Post a Comment

 
Top