[imagetag]

Alat-alat yang unik tidak pernah berhenti diciptakan. Setelah kemaren membahas klungbot yang menggabungkan angklung, android, dan kinect, sekarang hadir Washit yang menggabungkan shower dengan mesin cuci. Tujuannya tentu untuk mengefisienkan penggunaan air.

Menggunakan washit kita bisa menggunakan air sisa kita mandi untuk digunakan mencuci pakaian. Tenang saja, air ini akan disaring terlebih dahulu sebelum digunakan kembali untuk memcuci baju. Air yang keluar dari shower yang kita gunakan untuk mandi akan mengalir ke sebuah filter untuk diproses menjadi air yang layak pakai kemudian ditampung untuk digunakan kembali.

Teknologi unik yang dikembangkan oleh 4 orang mahasiswa asal Turki ini memang cukup efektif penggunaan daya air. Namun, sistem yang mereka terapkan ini masih ada sedikit kekurangan yaitu sistem ini hanya bisa menggunakan air hasil pemrosesan ulang untuk mencuci saja. Bukankah lebih efektif lagi jika air tersebut bisa juga digunakan untuk keperluan lain semisal untuk memasak.

Namun, jika dilihat dari segi instalasinya, sepertinya tidak akan memakan biaya yang lebih mahal daripada sistem daur ulang air yang lainnya karena konsep ini hanya berkutat pada satu wilayah, yaitu kamar mandi.

[imagetag]

[imagetag].

Referensi : otakku

Sumber

#ad2fcb

0 comments:

Post a Comment

 
Top